\

Kenalkan Urban Farming Jagung, DKP Kota Tangerang Ajak Tentara Wujudkan Ketahanan Pangan

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengampanyekan budaya swadaya pangan, salah satunya dengan mensosialisasikan dan mengadakan penyuluhan urban farming kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan kemarin, DKP Kota Tangerang baru saja memberikan Penyuluhan Urban Farming untuk Ketahanan Pangan di Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning.


Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun menuturkan, Penyuluhan Urban Farming di Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning ini dilakukan dalam bentuk loka karya terkait strategi penanaman jagung yang tepat dalam konteks lingkungan urban seperti di Kota Tangerang. Secara khusus, penyuluhan ini diikuti puluhan prajurit dan dan Persatuan Istri Tentara (Persit) di lingkungan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning.


“Penyuluhan Urban Farming kali ini menjadi kolaborasi yang menarik. Lewatnya, kami mengajak para tentara dan istri tentara untuk mempunyai keterampilan budi daya tumbuhan, khususnya jagung. Apalagi, jagung mempunyai peranan yang penting sebagai bahan pangan pokok alternatif yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat,” ujar Kepala DKP Kota Tangerang, Jumat, (1/12/23).


Ia melanjutkan, Penyuluhan Urban Farming ini berjalan dengan sangat lancar dan interaktif. Terlihat, para prajurit dan istri tentara juga antusias menerima pembekalan keterampilan mengembangkan budi daya jagung di lingkungan urban, serta pengolahan hasil budi daya tersebut menjadi bahan pangan yang begizi dan bernilai jual.


“Hasil dari Penyuluhan Urban Farming ini selanjutnya dapat dimanfaatkan para prajurit dan istri tentara agar dipraktikan dan dikembangkan lebih lanjut. Mengingat, langkah ini dinilai mempunyai peran yang signifikan dalam mewujudkan ketahanan dan swadaya pangan di lingkungan masing-masing,” tambahnya.


Selain itu, Penyuluhan Urban Farming ini diharapkan mampu menjadi langkah kolaborasi yang strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan bagi masyarakat di Kota Tangerang. (mts)