\

Jelang Iduladha 2024, Pemkot Tangerang Pastikan Hewan Kurban di Sejumlah Lapak dalam Kondisi Sehat

Jelang Hari Raya Iduladha 1445 H, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang baru saja melakukan pengawasan kesehatan hewan kurban di sejumlah lapak yang tersebar di berbagai wilayah di Kota Tangerang. Berdasarkan pengawasan tersebut, Pemkot Tangerang memastikan hewan kurban yang tersebar dalam keadaan sehat dan aman.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Muhdorun menuturkan, Pemkot Tangerang tidak menemukan kasus Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS), seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Lumpy Skin Disease (LSD), sampai anthrax selama proses pengawasan berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

“Kami telah melakukan monitoring secara intensif dengan melakuan pengawasan kesehatan hewan kurban di sejumlah lokasi lapak dagang. Hasilnya sangat memuaskan, kami tidak menemukan gejala klinis mengenai keberadaan penyakit atau dinyatakan 100 persen sehat,” ujar Muhdorun, Rabu (12/6/24).

Ia melanjutkan, Pemkot Tangerang juga telah menuntaskan proses pengawasan kesehatan hewan kurban secara merata menjelang perayaan Hari Raya Iduladha 1445 H di Kota Tangerang. Beberapa lapak dagang yang dijadikan sampel lokasi pengawasan selama sepekan terakhir, seperti di Buaran Indah, Cipondoh, dan Batuceper.

“Kami juga telah melakukan pengawasan dengan memperhatikan prosedural yang ketat lewat mengambil sampel minimal 10 persen dari setiap populasi lapak untuk diperiksa kesehatannya oleh tim khusus yang telah disiapkan,” tambahnya.

Selain itu, Pemkot Tangerang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan selama melakukan transaksi pembelian hewan kurban. Salah satunya, yakni memperhatikan stiker khusus keterangan kondisi kesehatan hewan kurban yang telah ditempelkan oleh tim pengawas di lapak dagang yang dinyatakan aman.

Read more at: https://tangerangkota.go.id/berita/detail/43431/jelang-iduladha-2024-pemkot-tangerang-pastikan-hewan-kurban-di-sejumlah-lapak-dalam-kondisi-sehat

Download aplikasi Android TangerangLive : https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.tangerangkota.tangeranglive&hl=en