\

Cegah Infeksi Penyakit Ternak, Pemkot Tangerang Lakukan Pemeliharaan Kesehatan di UPT PBTPHP

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus melakukan pemeliharaan kesehatan terhadap hewan ternak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Produksi Benih Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (PBTPHP), Kedaung Wetan, Neglasari, Kota Tangerang.


Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun menuturkan, DKP Kota Tangerang telah menugaskan secara khusus Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) UPTD Puskeswan untuk melakukan pemeliharaan kesehatan hewan ternak secara rutin. Lewat agenda tersebut, DKP Kota Tangerang melakukan pemeriksaan kesehatan berupa pemberian vitamin, antiparasit, dan antelmintik.


“Kegiatan pemeliharaan kesehatan ini telah menjadi agenda rutin yang terus dilakukan secara berkala. Lewatnya, kami memeriksa kondisi kesehatan hewan-hewan yang ada secara komprehensif untuk memastikan keamanan ternak, khususnya di pusat riset pangan Kota Tangerang ini,” ujar Kepala DKP Kota Tangerang, Muhdorun, Kamis, (25/1/24).


Ia melanjutkan, DKP Kota Tangerang melakukan pemeliharaan kesehatan terhadap puluhan hewan ternak berupa kambing dan domba yang sedang dikembangbiakan di UPT. PBTPHP Kota Tangerang. Lanjutnya, pemeliharaan kesehatan rutin tersebut bertujuan sebagai agenda kontrol keamanan, sekaligus mencegah infeksi virus, parasit, dan cacing-cacingan yang seringkali menjadi penyebab utama penyakit di hewan ternak.


Selain itu, pemeliharaan kesehatan tersebut juga dimanfaatkan untuk mendorong kestabilan kondisi kesehatan peternakan di Kota Tangerang secara umum.


“Kegiatan pemeliharaan kesehatan tadi berjalan sangat lancar. Hasilnya juga memuaskan, semua hewan ternak yang diperiksa dalam keadaan baik dan aman dari infeksi penyakit,” pungkasnya.